Rapat Kerja Komisi Irigasi Prov. Sumbar


Posted on Wednesday, 28 December 2016 | by : Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (Dinas PSDA) | 88 kali dibaca


Komisi Irigasi Provinsi Sumatera Barat melaksanakan rapat kerja yang ke 3 pada pada tanggal 20 s/d 21 Desember 2016 yang merupakan tindak lanjut dari rapat kerja yang dilaksanakan pada bulan September 2016. Dimana telah  ditetapkan 5 (lima) daerah irigasi yang akan dijadikan lokasi  dalampenerapan Gerakan Terpadu Peningkatan Kinerja Sistem Irigasi (GT PKSI) pada tahun 2017. Daerah irigasi tersebut yaitu :

  1. Daerah Irigasi Batang Anai (Kab. Padang Pariaman)
  2. Daerah Irigasi Batang Lembang (Kab. Solok dan Kota Solok)
  3. Daerah Irigasi Sangkir Garagahan (Kab. Agam)
  4. Daerah Irigasi Batang Selo (Kab. Tanah Datar)
  5. Daerah Irigasi Batang Tingkarang (Kab. Pasaman)

Dalam sambutannya Ketua Komisi Irigasi Provinsi Sumbar yang diwakili oleh Kabid PWLH Bappeda Prov. Sumbar (Ir. Maihafri, MT) menjelaskan bahwa Kinerja sistem irigasi sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 12 Tahun 2015 tentang Eksploitasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi yaitu 1) prasarana fisik, 2) produktifitas tanaman, 3) organisasi dan personalia, 4) Dokumentasi dan 5) Kondisi kelembagaan P3A. Lima indikator kinerja tersebut akan dapat menggambarkan kondisi suatu daerah irigasi. Pada rapat kerja kita hari ini, kita akan mencoba menginventarisir kondisi kinerja sistem irigasi dari lima daerah irigasi tersebut diatas serta mencoba membenahi dan meningkatkannya guna menjadi masukan dalam pembuatan kebijakan untuk pelaksanaan GT PKSI pada tahun 2017 nanti.

Peningkatan kinerja sistem irigasi diharapkan akan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi khususnya pertanian menuju kedaulatan pangan yang sudah menjadi target kita bersama. Pengelolaan sistem irigasi yang efisien dan efektif sangat penting dalam rangka meningkatkan produksi pertanian. Bidang irigasi memiliki peranan tidak hanya dalam meningkatkan dan menstabilkan produksi pertanian saja, tetapi meningkatkan pendapatan para petani dalam menuju masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan. Selain itu juga, memiliki peranan yang signifikan dalam menjaga ketahanan pangan baik ditingkat provinsi maupun nasional.

Program GT PKSI ini akan kita laksanakan bertahap setiap tahunnya pada beberapa daerah irigasi. Program ini juga diharapkan akan memberikan dampak dan memberikan pengaruh positif kepada kabupaten/kota sehingga bisa menjadi program kita bersama dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.