Perjalanan Panjang Komisi Irigasi Provinsi Sumatera Barat Menuju Komisi Terbaik Kedua Tingkat Nasional


Posted on Friday, 15 September 2017 | by : Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (Dinas PSDA) | 170 kali dibaca


Komisi Irigasi Provinsi Sumatera Barat dinobatkan sebagai komisi Irigasi Provinsi terbaik Kedua di tingkat Nasional. Penghargaan tersebut diterima Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang diberikan oleh Plt Direktur Jenderal Bina Bangda di Labuan Bajo, Rabu (6/9).

Prestasi ini merupakan hasil penilaian Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Ditjen Bangda) Kementerian Dalam Negeri yang dilaksanakan pada bulan Mei dan Juni Tahun 2017.

Komisi Irigasi bertujuan menjadi wadah komunikasi dan koordinasi antara wakil pemerintah daerah, wakil perkumpulan petani pemakai air dan wakil pengguna air irigasi lain dalam merumuskan kebijakan Kepala Daerah untuk mengatasi persoalan pengelolaan irigasi yang menjadi tanggung jawab masing-masing daerah sesuai dengan pembagian kewenangan antara Pusat dengan Daerah.

 Komisi Irigasi Provinsi Sumatera Barat yang diketuai oleh Kepala Bappeda dengan dua wakil ketua, masing-masing dijabat oleh Kepala Dinas PSDA dan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat memiliki Program antara lain :

  1. Memperkuat dan meningkatkan fungsi Komisi Irigasi Provinsi Sumatera Barat
  2. Mendorong penumbuhan dan peningkatan kinerja kelembagaan P3A/GP3A melalui penyusunan rekomendasi
  3. Memperkuat kelembagaan dinas terkait untuk melaksanakan tugas pengelolaan irigasi dan pemberdayaan P3A/GP3A
  4. Meningkatkan kinerja pengelolaan irigasi daerah irigasi kewenangan provinsi melalui penyusunan rekomendasi atau penerbitan pedoman
  5. Menetapkan pola dan jadwal tanam di masing-masing daerah irigasi dalam rangka mengantisipasi bencana bencana kekeringan, kebanjiran dan kabut asap, serta mendorong pengembangan teknologi hemat air di seluruh daerah irigasi
  6. Mendorong penyedian dan peningkatan anggaran untuk pengelolaan irigasi dan pemberdayaan kelembagaan pengelolaan irigasi
  7. Mendorong pemerintah daerah untuk mengendalikan dan mengambil alih fungsi lahan di masing-masing kab/kota.

Dengan  pemberian apresiasi oleh pemerintah kepada Pemprov Sumatera Barat ini, maka kedepannya Komisi Irigasi Provinsi Sumatera Barat berupaya mendorong kinerja Komisi Irigasi di masing-masing kab/kota agar mampu melaksanakan tugas sebaik mungkin demi kesejahteraan petani dan terwujudnya ketahan pangan secara Nasional.